Artikel Detail Artikel menarik

PELATIHAN JURNAL ONLINE

Malang, pada tanggal 26-27 Mei yang lalu STIKES Widyagama Husada Malang menugaskan dua Dosen untuk mengikuti Pelatihan Jurnal Online yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Uiversitas Brawijaya Malang, dosen tersebut adalah Ibu Miftakhul Ulfa, S.Kep., Ners dari bagian LPPMK dan Ibu Ari Damayanti, S.Kep., Ners., M.Kep dari Profesi Ners.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut dilaksanakan di Auditorium Fakultas Kedokteran UB, sebagai pembicara yaitu Bapak Ns. Setyoadi, S.Kep., M.Kep., Prof. Dr. Ir. Kusnanto dan Rizki Trisnadi, ST.

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh para pembicara, mulai tahun 2006 bahwa jurnal ilmiah diharuskan dalam bentuk elektronik yang  berbasis pada OJS (Open Jurnal System), untuk jurnal yang baru dan belum memperoleh ISSN akan menerbitkan jurnal secara elektronik cukup memiliki 1 nomor ISSN dan dimulai dg volume 1 no. 1, sedangkan jurnal yang sudah lama terbit dan telah memiliki no. ISSN versi cetak (ISSN-P) wajib mengajukan kembali nomor ISSN  untuk versi elektronik (e-ISSN) sehingga satu jurnal memiliki dua nomor dan permohonan artikel mengikuti versi cetak tidak dimulai dari awal, hanya memberikan informasi available online semenjak kapan.

Untuk terbitan berkala ilmiah yang diajukan untuk akreditasi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: Memiliki ISSN baik dalam versi elektronik maupun cetak (apabila terbit dua versi), wajib mencantumkan etika publikasi dan laman website jurnal, terbitan berkala telah terbit paling sedikit 2 tahun berurutan, frekwensi penerbitan minimal dua kali dalam satu tahun, jumlah artikel setiap terbit minimal lima artikel dan yang terakhir yaitu wajib tercantum dalam salah satu lembaga pengindeks nasional, misl ISJD, Portal Garuda, Putaka Iptek. (Rahok, Arda)



Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

CAPTCHA security code
SELAMAT DATANG DI WEBSITE STIKES WIDYAGAMA HUSADA
COME JOIN US!
Selengkapnya