Jurnal

ANALISIS MEKANISME KOORDINASI DALAM PELAKSANAAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT “X” SURABAYA

Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi tentang pelayanan kesehatan khususnya di bidang perumahsakitan berkembang pesat. Dengan demikian masalah yang dihadapi oleh rumah sakit semakin kompleks. Ada berbagai macam jenis obat-obatan, teknologi peralatan medis, tenaga profesional medis dan non-medis, dan berbagai macam pasien dengan jenis penyakitnya di rumah sakit. Apabila keberagaman tersebut tidak diperhatikan dan diatur dengan baik maka akan berpotensi menimbulkan Kejadian Tidak Diinginkan (KTD

Selengkapnya

TINGKAT KEMATANGAN BEHAVIOR BASED SAFETY (BBS) PADA PROGRAM PEKA (PENGAMATAN KESELAMATAN KERJA) DI PT X

Tenaga kerja dalam melakukan pekerjaanya tentunya berinteraksi dengan berbagai potensi bahaya yang tidak jarang potensi bahaya tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan di tempat kerja. ILO mencatat bahwa pada tahun 2013 terdapat 1 pekerja di dunia yang meninggal setiap 15 detik dan 160 pekerja sakit akibat pekerjaan.

Selengkapnya

PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI BERDASARKAN KRITERIA MALCOLM BALDRIGE DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA NON PERAWATAN KOTA SURABAYA

Salah satu fasilitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang disediakan adalah puskesmas atau fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). FKTP mempunyai peran dan daya ungkit yang besar dalam pembangunan kesehatan Indonesia.FKTP dalam mencapai tujuannya memerlukan instrumen untuk menilai kinerja yang telah disesuaikan dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) atas dasar perencanaan yang telah disusunnya.

Selengkapnya

HAZARD IDENTIFICATION DAN RISK ASSESSMENT (HIRA) PADA PENGOPERASIAN FORKLIFT DI PT. BANGUN SARANA BAJA – GRESIK

Manusia dalam kesehariannya dipenuhi dengan beragam aktivitas yang mana berperan pada peningkatan kualitas hidupnya. Untuk membantu penyelesaian aktifitas tersebut, tak jarang bila peran dari alat bantu pekerjaan dimanfaatkan. Tentunya alat bantu pekerjaan didesain khusus guna menunjang jenis pekerjaan tersebut agar terselesaikan secara efektif dan efisien. Dari waktu ke waktu, ragam jenis aktifitas manusia semakin bervariasi karena tuntutan modernisasi. Oleh karenanya, alat bantu pekerjaan pun

Selengkapnya

HUBUNGAN PERILAKU SEKSUAL BERISIKO TERTULAR HIV/AIDS KELOMPOK HOMOSEKSUAL DILIHAT BERDASARKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP

HIV dan AIDS merupakan penyakit menular yang menjadi epidemi sejak puluhan tahun silam, namun hingga saat ini masih menjadi permasalahan kesehatan yang penting di seluruh negara. Di seluruh dunia pada tahun 2013 ditemukan 35 juta orang hidup dengan positif HIV, diantara penderita HIV tersebut terdiri dari 16 juta perempuan dan 3,2 juta adalah anak berusia kurang dari 15 tahun. Sedangkan jumlah kematian akibat AIDS dilaporkan sebesar 1,5 juta orang yang terdiri dari 1,3 juta orang dewasa dan 190.

Selengkapnya

PENGARUH STRUKTUR BIROKRASI TERHADAP IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA (PKPR) (Studi di Puskesmas Kabupaten Gunungkidul)

Jumlah penduduk di Indonesia, seperempat diantaranya adalah remaja. Masa remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa, oleh karena itu remaja mempunyai tanggung jawab dalam perkembangannya. Remaja harus mendapatkan identitas diri yang positif agar dapat berkembang sebagai dewasa muda yang sehat dan produktif (Depkes, 2003).

Selengkapnya

SELAMAT DATANG DI WEBSITE STIKES WIDYAGAMA HUSADA
COME JOIN US!
Selengkapnya