Home / News / Prodi Pendidikan Ners STIKES WGH Sukses Menyelenggarakan Tryout UKNI dan Zoominar

Prodi Pendidikan Ners STIKES WGH Sukses Menyelenggarakan Tryout UKNI dan Zoominar

Malang. Tingkat kelulusan UKNI STIKES Widyagama Husada adalah 80% di tahun 2019, oleh karena itu untuk meningkatkan prosentase tersebut, Program Studi Pendidikan Ners terus melakukan upaya untuk mempersiapkan mahasiswa profesi Ners dengan lebih baik agar kompeten dan lulus UKNI meskipun dalam masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini. Salah satu upaya tersebut dibuktikan dengan penyelenggaraan acara Tryout dan Zoominar UKNI yang dimulai sejak kemarin hingga hari ini (22-23/07/2020). Dalam acara kali ini, jumlah peserta yang terdaftar adalah 165 terdiri dari mahasiswa profesi Ners, mahasiswa tahap akademik semester 6 dan 8 Pendidikan Ners, alumni serta mahasiswa dari luar STIKES Widyagama Husada. Tryout yang berlangsung hari sebelumnya dilaksanakan dalam dua sesi, yakni sesi 1 (08.30-12.00) dan Sesi 2 (15.00-18.00). Sebagai lanjutan, acara zoominar hari ini dengan tema “Tips and Tricks Cara Mudah Menjawab Soal UKOM” membahas tryout dengan 5 narasumber dari dosen masing-masing departemen: Bapak Abdul Qodir, S.Kep.,Ners.,M.Kep, Ibu Nurma Afiani, S.Kep.,Ners.,M.Kep, Bapak Kurniawan Erman W, S.Kep.,Ners., M.Kes, Ibu Ari Damayanti,.S.Kep.,Ners.,M.Kep, dan Bapak Frengky Aprianto,S.Kep.,Ners.,M.Kep. Acara zoominar yang dimulai pukul 08.30 berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Ditemui secara terpisah, Sekretaris Profesi Ners sekaligus moderator acara zoominar, Ibu Mizam Ari Kurniyanti, S.Kep.,Ners.,M.Kep menyampaikan bahwa tujuan acara selama 2 hari ini adalah untuk membiasakan dan memberikan pengalaman mengerjakan soal UKNI. Turut hadir dalam zoom meeting hari ini, Ketua STIKES Widyagama Husada, Bapak dr. Rudy Joegijantoro, MMRS yang dalam sambutannya menyinggung harapan agar kegiatan 2 hari ini akan berdampak pada tingkat kelulusan.

Beberapa hal penting disampaikan dalam materi hari ini, diantaranya teknik umum dan khusus dalam menjawab soal UKNI yang penting untuk dilatih karena mengerjakan soal UKNI juga tentang efektivitas waktu pengerjaan soal mengingat waktu yang diberikan terbatas, 1 menit untuk 1 soal dengan jumlah soal 180. Selain itu dipaparkan pula apa saja yang harus dipelajari dan dikuasai untuk dapat mengerjakan soal UKNI. Selanjutnya juga disampikan mengenai blueprint soal UKNI, area kompetensi dengan prosentase terbesar adalah asuhan keperawatan sekitar 65-75%, domain kompetensi yang paling banyak adalah area kognitif (65%), bidang keilmuan dengan paling banyak adalah soal berkenaan dengan departemen KMB, anak, maternitas, keluarga, komunitas dan jiwa, serta proses keperawatan, pengkajian dan diagnosis keperawatan. Mengingat pentingnya acara semacam ini, maka Prodi Pendidikan Ners berencana menyelenggarakan acara serupa namun belum dapat dipastikan waktunya.

Pewarta: Riza Nurhana, S.S

Pewarta Foto: Novia Risqi S, S.Pd

About Web Administrator

Check Also

Sarasehan Marketing dengan Pengurus Asrama Mahasiswa STIKES WGH

Malang. Selasa (21/07/2020) STIKES Widyagama Husada kembali menggelar acara sarasehan marketing namun dengan peserta yang …

Leave a Reply