Home / News / ZOOMINAR: Aplikasi Pendidikan Ners dan Teknis Pembelajaran Laboratorium Era New Normal

ZOOMINAR: Aplikasi Pendidikan Ners dan Teknis Pembelajaran Laboratorium Era New Normal

Malang. Selasa (21/07/2020) Program Studi S1 Pendidikan Ners menggelar Zoominar dengan tema “Aplikasi Pendidikan Ners dan Teknis Pembelajaran Laboratorium Era New Normal”. Acara yang dilakukan melalui Zoom Meeting tersebut dilaksanakan pukul 08.30-11.00 WIB. Narasumber pertama pada acara kali ini adalah Bapak Abdul Qodir, S.Kep., Ners., M.Kep yang merupakan Ketua Program Studi S1 Pendidikan Ners. Narasumber kedua adalah Ibu Ika Arum Dewi Satiti, S.Kep.,Ners.,M.Biomed yang merupakan Koordinator laboratorium ners dan juga merupakan dosen sekaligus PJ Profesi Ners departemen anak. Bertindak sebagai moderator kali ini adalah dosen sekaligus Sekretaris Prodi Profesi Ners, Ibu Mizam Ari Kurniyanti, S.Kep.,Ners.,M.Kep.

Dalam materi pertama tentang aplikasi pendidikan ners di Era New Normal, Bapak Abdul Qodir menyampaikan bahwa mahasiswa profesi ners diharapkan akan dapat kembali ke lahan praktik pada bulan September 2020 karena untuk masa saat ini dari pihak Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) masih belum diperkenankan untuk masuk ke lahan praktik karena kondisi pandemi Covid-19. Selain itu juga dijabarkan bahwa pembelajaran akan dilakukan melalui daring untuk PKK bagi tahap akademik semester 8, sedangkan untuk semester 7 diharapkan akan menjalani pembelajaran dengan 50% Daring dan 50% tatap muka. Namun pembelajaran yang dilakukan dengan tatap muka hanya diperuntukkan bagi mata kuliah yang ada pembelajaran laboratorium dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Materi kedua yang disampaikan oleh Ibu Ika Arum menyinggung adanya perbedaan pembelajaran laboratorium di Era New Normal ini jika dibandingkan dengan masa normal sebelumnya. Untuk pembelajaran laboratorium semester depan ini, setiap dosen pengampu diharapkan memberikan video tutorial kepada mahasiswa, kemudian mahasiswa akan melakukan pendalaman praktiknya di laboratorium. Dengan kata lain, pembelajaran laboratorium Era New Normal sudah tidak akan berbentuk klasikal dengan penjelasan lengkap di laboratorium seperti sebelumnya, namun mahasiswa hanya akan ke laboratorium untuk praktik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Menurut moderator pada acara kali ini, Ibu Mizam, beberapa mahasiswa yang tertarik mengikuti acara tersebut ada yang tidak berhasil bergabung. “Mengingat masih ada beberapa mahasiswa yang belum secara langsung mendapat pemaparan materi kali ini, maka kami rencanakan akan ada zoominar dengan tema yang sama tahap kedua”.

 

Pewarta : Riza Nurhana, SS

Pewarta Foto: Frengki Apriyanto, S.Kep.,Ners.,M.Kep

About Web Administrator

Check Also

LPPM STIKES WGH Gelar Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah

Malang. Pada level perguruan tinggi, ada tanggung jawab untuk terus mengembangkan karya ilmiah melalui kegiatan …

Leave a Reply