Project Description

S1 ILMU KEPERAWATAN

Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan STIKES Widyagama Husada merupakan lembaga pendidikan tinggi di bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh YPPI Widyagama Malang. Telah mendapatkan ijin operasional tanggal 31 Agustus 2009 dan kemudian diterbitkan keputusan Dirjen DIKTI No 570/D/T2009 tentang ijin penyelenggaraan pendidikan program studi S-1 Ilmu Keperawatan STIKES Widyagama Husada. Pada tanggal 8 Agustus 2011 mendapat perpanjangan ijin pertama dari Dirjen DIKTI No 8611/D/T/K-VII/2011 tentang perpanjangan ijin program studi S-1 ilmu keperawatan STIKES Widyagama Husada dan terakreditasi pada tahun 2013. Pada tahun 2014 mendapat ijin penyelenggaran prodi Ners dengan no 4952/E1.3/HK/2014.

Pendidikan keperawatan merupakan pendidikan terintegrasi dari tahap pendidikan sarjana keperawatan ke tahap pendidikan profesi Ners. Kesepakatan antara Asosiasi Institusi Pendidikan Ners (AIPNI) dan Organisasi Profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menetapkan bahwa kedua tahap pendidikan ini menjadi satu kesatuan utuh yang ditempuh pada satu institusi yang sama. Saat ini, baik S1 Ilmu Keperawatan maupun Profesi Ners telah terakreditasi B oleh LAM PT-Kes.

 Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Keperawatan yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan, kewirausahaan dan keperawatan di tingkat nasional pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang mengintegrasikan nilai keagamaan, kewirausahaan dan keperawatan.
  2. Mengembangkan penelitian dan melaksanakan pengabdian masyarakat yang bermutu di bidang keperawatan.
  3. Mengembangkan program studi keperawatan dengan tata kelola yang baik berorientasi pada nilai keagamaan dan kewirausahaan.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan program studi S1 Ilmu Keperawatan dan Prodi Ners STIKES Widyagama Husada adalah:

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas berdasarkan nilai keagamaan, kewirausahaan, dan keperawatan yang mampu bersaing ditingkat nasional.
  2. Menghasilkan penelitian dibidang keperawatan yang bermutu, aplikatif, dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan yang dapat meningkatkan status kesehatan masyarakat.
  4. Terwujudnya tata kelola program studi keperawatan yang transparan, efektif, efisien dan akuntabel berorientasi pada nilai keagamaan dan kewirausahaan

Dengan demikian, lulusannya diharapkan mampu memecahkan permasalahan kesehatan secara umum, dan secara khusus meningkatkan manajemen pelayanan dan upaya kesehatan masyarakat.

Profil Lulusan

Adapun profil lulusan program studi profesi Ners STIKES Widyagama Husada adalah :

  • Care Provider (Pemberi asuhan keperawatan)
  • Communicator (Interaksi dan transaksi dengan klien, keluarga, dan tim kesehatan)
  • Educator dan health promotor (Pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien, keluarga dan masyarakat)
  • Manager dan leader (Manajemen praktik/ ruangan pada tatanan rumah sakit maupun masyarakat
  • Researcher (Peneliti)

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama:

  1. Mampu berkomunikasi yang efektif dalam memberikan Pelayanan Keperawatan.
  2. Mampu menerapkan aspek etik dan legal dalam praktik keperawatan.
  3. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan profesional di klinik dan komunitas.
  4. Mampu mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen keperawatan.
  5. Mampu menjalin hubungan interpersonal.
  6. Mampu melakukan penelitian.
  7. Mampu mengembangkan profesionalisme secara terus-menerus atau belajar sepanjang hayat.

Kompetensi Pendukung

  1. Mampu memberikan pelayanan prima dalam keperawatan pada klien, keluarga dan masyarakat.
  2. Mampu mencerminkan perilaku beriman dan bertakwa.
  3. Mampu mengaplikasikan jiwa ke-Indonesiaan dalam pelayanan keperawatan.
  4. Mampu melakukan kemitraan dengan berbagai sektor dalam pengembangan keperawatan kewirausahaan.
  5. Mampu memberikan pelayanan asuhan keperawatan secara komprehensif.

Kompetensi Lainnya

    1. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam bidang keperawatan.
    2. Mampu mengaplikasikan komunikasi internasional.

Capaian pembelajaran program studi ilmu keperawatan dan profesi ners telah disusun atas dasar kesepakatan yang dibuat oleh tim inti bidang keperawatan yang terdiri dari representasi organisasi profesi/PPNI dengan AIPNI melalui HPEQ Project tahun 2014. Capaian pembelajaran lulusan terdiri dari unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan.

  Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan bernegara;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannnya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Penguasaan Pengetahuan

  1. menguasai teori keperawatan, khususnya konseptual model dan middle range theories;
  2. menguasai konsep teoritis ilmu biomedik;
  3. menguasai nilai-nilai kemanusiaan (humanity values);
  4. pelaksanaan asuhan/ praktek keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa dan keperawatan komunitas;
  5. menguasai teknik, prinsip dan prosedur
  6. menguasai konsep dan teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan;
  7. menguasai konsep teoretis komunikasi terapeutik;
  8. menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level primer, sekunder dan tertier;
  9. menguasai prinsip dan prosedur bantuan hidup lanjut (advance life support) dan penanganan trauma (basic trauma cardiac life support/BTCLS) pada kondisi kegawatdaruratan dan bencana;
  10. menguasai konsep dan prinsip manajemen dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan;
  11. menguasai pengetahuan faktual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan;
  12. menguasai prinsip-prinsip K3, hak dan perlindungan kerja ners;
  13. menguasai metode penelitian ilmiah.;
  14. menguasai salah satu Bahasa asing Internasional sebagai upaya memberikan asuhan keperawatan dan menyampaikan hasil asuhan yang diberikan pada klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan;
  15. menguasai konsep dan prinsip pengembangan layanan keperawatan dan upaya asuhan keperawatan sesuai kebutuhan klien.

Ketrampilan Umum

  1. Bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik, dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya;
  2. Membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  3. Menyusun laporan atau kertas kerja atau menghasilkan karya desain di bidang keahliannya berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, serta kode etik profesinya, yang dapat diakses oleh masyarakat akademik;
  4. Mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi, dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya;
  5. Melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat;
  6. Meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja;
  7. bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya;
  8. memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya;
  9. bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya;
  10. mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya;
  11. bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya;
  12. meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
  13. berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya;
  14. mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya;

 Ketrampilan Khusus

  1. mampu memberikan asuhan keperawatan yang lengkap dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien (patient safety) sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah atau belum tersedia;
  2. mampu memberikan asuhan keperawatan pada area spesialisasi (keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa atau keperawatan komunitas) sesuai dengan delegasi dari ners spesialis;
  3. mampu melaksanakan prosedur penanganan trauma dasar dan jantung (basic trauma and cardiac life support/BTCLS) pada situasi gawat darurat/bencana sesuai standar dan kewenangannya;
  4. mampu memberikan (administering) obat oral, topical, nasal, parenteral, dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan;
  5. mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalaman dan keluasan terbatas berdasarkan analisis data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber
  6. menetapkan prioritas asuhan keperawatan;
  7. mampu menyusun dan mengimplementasikan perencanaan asuhan keperawatan sesuai standar asuhan keperawatan dan kode etik perawat, yang peka budaya, menghargai keragaman etnik, agama dan faktor lain dari klien individu, keluarga dan masyarakat;
  8. mampu melakukan tindakan asuhan keperawatan atas perubahan kondisi klien yang tidak diharapkan secara cepat dan tepat dan melaporkan kondisi dan tindakan asuhan kepada penanggung jawab perawatan;
  9. mampu melakukan evaluasi dan revisi rencana asuhan keperawatan secara reguler dengan/atau tanpa tim kesehatan lain;
  10. mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat utnuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya;
  11. mampu melakukan studi kasus secara teratur dengan cara refleksi, telaah kritis, dan evaluasi serta peer review tentang praktik keperawatan yang dilaksanakannya;
  12. mampu melaksanakan penanganan bencana sesuai SOP;
  13. mampu melakukan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran dalam praktik asuhan keperawatan;
  14. mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawat dalam lingkup tanggungjawabnya;
  15. mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawatan untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi;
  16. mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program promosi kesehatan, melalui kerjasama dengan sesama perawat, profesional lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat.
  17. mampu memberikan pelayanan keperawatan sesuai kebutuhan klien di lingkungan keluarga;
  18. mampu mengkomunikasikan hasil asuhan keperawatan klien di tatanan pelayanan keperawatan dengan menggunakan salah satu bahasa asing Internasional.

DOSEN

Abdul Qodir, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Abdul Qodir, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Frengki Apryanto, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Frengki Apryanto, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Mizam Ari Kurniyanti, S.Kep.,Ners, M.Kep
Mizam Ari Kurniyanti, S.Kep.,Ners, M.Kep
dr. Wira Daramatasia, M.Biomed
dr. Wira Daramatasia, M.Biomed
Nurma Afiani, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Nurma Afiani, S.Kep.,Ners.,M.Kep
dr. Dwi Soelistyoningsih, M.Biomed
dr. Dwi Soelistyoningsih, M.Biomed
Ari Damayanti, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Ari Damayanti, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Kurniawan Erman Wicaksono, S.Kep.,Ners.,M.Kes
Kurniawan Erman Wicaksono, S.Kep.,Ners.,M.Kes
Miftakhul Ulfa, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Miftakhul Ulfa, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Ika Arum Dewi Satiti, S.Kep.,Ners.,M.Biomed
Ika Arum Dewi Satiti, S.Kep.,Ners.,M.Biomed
Ahmad Guntur Alfianto, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Ahmad Guntur Alfianto, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Rosly Zunaedi, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Rosly Zunaedi, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Fatimah Zahra, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Fatimah Zahra, S.Kep.,Ners.,M.Kep
Al Ikhwan Fadqur Rohqim, S.Pd.,M.Pd
Al Ikhwan Fadqur Rohqim, S.Pd.,M.Pd
Riza Nurhana, S.S., M.Pd
Riza Nurhana, S.S., M.Pd

Mari Bergabung dengan STIKES WGH

Dapatkan informasi penting untuk menjadi bagian dari STIKES WGH untuk masa depan karir Anda

DAFTAR DISINI